KULIAH UMUM K3 – PENERAPAN K3 DI INDUSTRI MANUFAKTUR BERSAMA PURA GROUP

Kudus – Program Studi Sarjana Terapan K3 Politeknik Rukun Abdi Luhur mempersembahkan kuliah umum K3 pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 yang dihadiri oleh mahasiswa/i K3 dan siswa/siswi SMA/SMK/MA se Kabupaten Kudus. Mengangkat tema “Penerapan Keselamatan Kerja di Industri Manufaktur” dengan narasumber seorang praktisi K3 PURA GROUP Bapak Noor Faiz.

Ketua Program Studi Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ibu Novi Styaningsih, SKM., M. Kes. menyampaikan antusias dari peserta Kuliah Umum K3 sangat baik sekali, beberapa peserta mengajukan pertanyaan, mulai dari kecelakaan kerja hingga cara menjadi seorang HSE officer. Penerapan K3 di industri menjadi wajib dilakukan karena sudah tertuang di dalam Undang-Undang sehingga prospek kerja bagi lulusan K3 sangat terbuka luas, mulai dari pertambangan hingga rumah sakit.

“Sebagai seorang mahasiswa K3 kalian sudah memegang tiket sebagai seorang HSE officer, karena perusahaan akan mencari lulusan yang mempunyai minimal sertifikat Ahli K3 Umum (AK3U), dengan fokus belajar dibidang K3 mulai dari awal perkualiahan, maka temen-temen akan mudah dalam mengikuti proses sertifikasi kompetensi AK3U”, tambah Pak Faiz dalam menjawab beberapa pertanyaan dari mahasiswa K3 POLTEKUN.

Tantangan di dunia industri sangat beragam, mulai dari lingkungan kerja hingga hubungan interpersonal dengan rekan kerja, maka K3 hadir sebagai upaya dalam melakukan pencegahan terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, karena bahaya ada dimanapun kita berada, maka lebih baik kita mencegah, sebelum terjadi yang tidak di inginkan.

Harapan dari kuliah umum K3 adalah membuka wawasan, khususnya kepada mahasiswa dan umumnya kepada calon mahasiswa yaitu siswa/siswi SMA/SMK/MA, bahwa K3 adalah kunci berjalanannya suatu industri, tanpa K3 industri akan dihadapkan oleh berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, maka kedepannya demi berjalannya suatu industri agar lebih produktif dan menghidari kerugian, budayakan K3.

Kabar Poltekun Lainnya